• White Horse

30 Sarapan Makan Pagi Kebiasaan Orang Taiwan Yang Mesti Dicobain.

Updated: Jun 22

Mampir ke Taiwan kerjanya makan, makan dan makan terus. Banyak jenis makanan makanya musti puas-puasin perut. Jenis sarapan aja banyaknya minta ampun. Jenis toko nya pun ada beda beda, dan ini yang nentuin jam buka lapaknya, dan menu apa aja yang di jual disana. Disini Why Team udah kumpulin beberapa plang/spanduk/nama toko sarapan, diantaranya :

  • 台式豆漿早餐店 : Toko ini khusus jualan sarapan jenis tradisional. Ada yang buka full 24 jam kayak toserba, tapi ada yang buka dari jam 04:30-14:00 lalu lanjut lagi dari jam 18:00 sampe besok paginya lanjut. Sehari cuma istirahat 2 jam doank. Soalnya nih banyak orang Taiwan yang suka begadang, malam malam lapar, terus nanggung kalau mau beli makan pagi, jadi sekalian aja malem malem nyambi sarapan.

  • 西式連鎖早餐店: plang sarapan yang banyak di temuin di Taiwan. Ini membopong jualan makanan jenis Modern. Tapi ada juga beberapa yang sedikit campur jual makanan tradisional. Tapi ga usah bingung, di bawah kita uda rangkum beberapa menu yang bisa di pilih, dan kira kira belinya di toko apa, biar gak salah beli.

  • 台式傳統早餐-清粥小菜: Ini artinya jualan sarapan tradisional ala Taiwan, bubur dan sayuran. Biasanya ini jualannya tengah malam, kira kira jam 02:00 an lalu beres beres sekitar jam 05:00. Kalo kita bilang sih ini kayaknya lebih ke jajanan tengah malam, cuma ya karena juga menjelang pagi, ya boleh-lah di sebut sebagai jualan sarapan. Ini khusus jualan bubur putih yang tawar, lalu kita pilih mau di campur sayuran apa, dan ini umumnya di gerobak gerobak gitu. Tapi ada juga yang modalnya kuat, buka toko sendiri ada ac-nya biar adem. Nah kalau yang udah punya toko sendiri mengingat modal buka usahanya berat kali, jadi jam kerjanya lebih variatif, ada dari jam 06:30-0900 trus lanjut 11:00-14:00 kemudian lanjut lagi jam 17:00-21:00.

  • 台式傳統早餐-南部: Kalau kamu ada mampir ke Tainan bakalan ngerasin bedanya sarapan tradisional di Taipei dengan di Tainan. Dan ini merupakan khas makanan sarapan penduduk asli Tainan. Kalau yang jenis toko modernnya sih hampir seluruh Taiwan ada. Kalau yang ini jam buka toko sarapan tergantung pemiliknya, tapi biasa antara jam 06:00-15:00.

  • 西式及傳統早午餐: Gak bisa di pungkiri persaingan makanan di Taiwan tuh ketat banget, demi untuk mengoptimalkan sebuah toko sarapan, jadi ada yang bikin paketan brunch, atau sarapan yang kenyang bisa tahan lama. Kalau kamu lebih suka brunch, atau sarapan plus maem siang, tempat tempat seperti ini bisa jadi pilihan. Ada beberapa toko yang juga jualan menu tradisional gabung menu modern.

  • 便利商店早餐: Nah ini walaupun bukan termasuk toko sarapan pagi, tapi didalamnya ada jualan menu sarapan yang simpel, yang bisa di beli lalu makan sambil jalan. Seperti nasi kepal, sandwich dan burger.

  • 港式早餐店: Kalau jenis toko yang satu ini adaptasi dari menu sarapan Hongkong, jadi ceritanya orang orang Taiwan juga suka dengan makanan khas Hongkong makanya diboyonglah ke Taiwan.

Sekarang kita kenali beberapa jenis menu sarapan di Taiwan yang semuanya mesti di cobain, dijamin nyesel kalau gak coba.

Jenis Tradisional

Sarapan tradisional biasanya harga berkisar antara 20NT$ - 60NT$ per item, tergantung pesan makanannya apa. Umumnya sih bawa duid 100 NT$ dah bisa makan kenyang plus minuman. Menu yang biasa dijual di toko sarapan tradisional, antara lain :

Cakwe [油條]

Biasanya orang orang asli penduduk sini makan cakwe ini dengan susu kacang kedelai, sampek sampek ada lagunya segala. Rasanya itu lumayan unik, apalagi kalau cakwenya baru selesai di goreng, gurih gurih sedikit keras trus pas di celup ke susu kacang kedelai jadi lembut dan kenyal kenyal. Cakwenya sini gak kayak di Indonesia rasa asin, kalo disini lebih hambar rasanya.

Yakitori [燒餅]

Nah ini teman akrabnya Cakwe, karena biasanya dimakan dengan isi cakwe didalamnya. Atau ada yang di ganti dengan telor daun bawang, plus pakai sambel khas masing masing.Rasanya gurih dan renyah kalau panas panas makannya, tapai kalau sudah dingin akan jadi berminyak sekali, jadi kalau mau cobain mendingan pas masih baru abis di goreng.

Mantou [饅頭]

Ini sama dengan mantou jenis di Indonesia, kalau pendapat pribadi sih lebih kenyal buatan Indonesia punya. Tapi kalau kamu main ke Taiwan jelas musti cobain mantou buatan Taiwan dong. Biasanya penjual akan nanya, cuma mau makan mantounya aja, atau mau diisi daging atau diisi telor.

Nasi Kepal [飯糰]

Ini salah satu sarapan favoritnya Why Team, selain banyak dan bikin kenyang, rasanya juga enak. Cuma ada beberapa penjual yang pakai beras ketan, ada juga yang pake beras putih. Dalamnya isinya juga beda-beda, ada yang isi telur hitam/ pitan, isi abon atau cuma isi telor aja. Sebelum beli pasti ditanya mau nasi kepal apa. Kalau kamu mau yang halal, ada pilihan vege, semuanya isi sayur dan abonnya juga yang vegetarian.

Mie Sapi [牛肉湯/麵]-南部

Beberapa tahun belakangan ini, sarapannya orang Tainan agak trend makan kuah sup daging sapi. Dulunya sih bukan dijadikan sarapan, tetapi karena banyak visitor yang datang dan suka dengan kuah daging sapi ini, maka toko toko penjualnya suka buka lebih awal, karena kalau udah sore biasa pengunjung milih makanan yang berat, gak cuma kuah daging sapi saja. Dicampur dengan sayuran atau daging lainya. Semuanya serba daging sapi. Kalau kamu punya kebiasaan sarapan lebih banyak, bisa pesan mie kuah daging sapi.


Sup Darah B [豬血湯]-南部

Walaupun kita gak terlalu suka dengan sup darah b ini, tapi ini termasuk menu sarapan yang banyak di daerah Tainan. Kalau kamu ada cobain boleh berbagi cerita yah apa rasa sup darah ini.


Ikan Lele Kukus [虱目魚湯]-南部

Lagi lagi ini sarapan khas penduduk asli Tainan, kalo boleh di bilang sarapan mereka lebih mirip makan siang, cuma bedanya kagak pake nasi aja. Jadi cuma kuah kuahan.


Nasi Daging B Cincang [肉燥飯]-南部

Ini nasi putih yang atasnya di kasih daging b yang di cincang kemudian di masak kecap. Ya ini juga banyak di temuin di daerah Tainan atau utaranya Taiwan.


Nasi Ketan Minyak [油飯]-南部

Karena bahan utama ini beras ketan yang biasanya lengket lengket jadi sekali lagi bukan favoritnya Why Team, namanya juga nasi ketan minyak yang pasti ada pake minyak segala. Buat yang gak takut sama minya boleh nih di cobain biar gak penasaran.


Bihun Usus B / Bihun Kerang Tiram [大腸麵線/蚵仔麵線]

Jenis sarapan ini kayaknya lebih populer jadi makanan atau jajanan sewaktu-waktu deh. Kalau kamu ada mampir ke pasar malam Shilin pasti ada nemuin si bihun usus daging B. Dan banyak juga yang jadiin makanan ini sebagai makan siang dan makan malam. Tapi asal muasalnya dari sarapan dulu, cuma karena peminatnya banyak bro, sehingga akhirnya jadi setiap saat ada jual. Bihunnya Taiwan ini rada beda dengan buatan Indonesia, lebih lembut dan halus, juga ada wangi bawang gorengnya. Yang gak makan daging B boleh cobain bihun kerang tiramnya.


Pangsit Goreng [煎餃]-港式

Ini kebiasaan sarapan pangsit goreng masyarakat Hongkong, nah karena peminat pangsit goreng ini untuk sarapan gak terlalu booming, jadinya hanya beberapa toko ala makanan hongkong yang jualan pangsit goreng ini. Trus harganya lumayan mahal, satu pangsit per bijinya sekitar 12NTD (Rp. 6000,-)- Umumnya pangsit goreng berkisar antara @5NTD-8NTD.

Xiaolongpao [小籠包]-港式

Satu lagi makanan sarapan khas Hongkong yang di membaur dengan masyarakat Taiwan. Si xiaolongpao ini setahu kita asalnya dari daratan China dan kayaknya lebih banyak di temuin di Singapura. Why Team sering banget nih ketukar dengan jiaozi, karena sama sama di bungkus cuma kulitnya lebih tipis.

Bakpao / Chaipao [肉包/菜包]

Di toko sarapan tradisional yang punya lemari untuk kukus biasanya ada nih jualan bakpao atau chaipao. Kalau bakpao isinya daging B, kalau chaipao isinya sayuran.

Susu Beras [米漿]

Saudara dekatnya susu kacang kedelai, cuma ini dibuatnya dari beras. Cara pengolahannya sedikit sama, jadi ambil sari dari beras itu, makanya dikasih nama susu beras. Untuk beberapa daerah seperti Tainan, banyak yang suka minum susu beras ini. Jujur aja kalau mau pesan susu beras ini mendingan jangan dengan makanan yang bikin 'begah seperti mantou. Susu beras ini kental dan bikin kenyang banget seharian.

Jenis Modern

Sarapan jenis modern ini ngikutin kebiasaanya orang bule. Harga variatif, tergantung apakah mereka menjual brunch juga. Biasanya sedikit lebih mahal dari toko sarapan tradisional, tapi ada beberapa tempat yang direnovasi jadi tempat tongkrongan, tempatnya cozy dan santai. Harga berkisar antara 30NT$ - 200NT$ per item. Beberapa jenis menu sarapan yang di beli diresto sarapan modern.

Roti Jepit Ham Telor [火腿蛋吐司]

Sebenarnya sarapan ini sih bisa bikin sendiri, gak terlalu unik kalau buat kamu yang pengen cobain kulinernya Taiwan, tapi kalau kamu suka yang simpel dan cepat ya menu ini bisa jadikan pilihan. Roti toast umumnya di jepit dengan daging ham, telor lalu di kasih sayuran. Mirip menu sarapan buatan Mama.

Roti Tebal [厚片吐司]

Roti tebal ini gak beda jauh sama roti toast biasa, cuma dia lebih tebal aja. Jadi pesannya cuma di kasih selembar roti yang dioles selai. Selai-nya ada beberapa macam rasa, ada coklat, strawberry, bawang putih dan kacang. Jangan kawatir, walaupun cuma selembar tapi bisa bikin kenyang.


Sandwich [三明治]

Ini pasti gak asing lagi buat kita kita, cuma di Taiwan sandwich isinya bervariasi banget, ada yang pake timun acar, daging ayam halus atau goreng, daging sapi, daging b, telur omlet, abon, daging ikan, dan sebagianya. Pokoknya isinya macem macem, tinggal pilih aja mau isi apa. Satu sandwich satuan kisaran antara 20NT-40NT.

Burger [漢堡]

Adaptasi dari makanan bule, yang emang suka banget sama burger. Oleh sebab itu masuklah si burger ini menjadi salah satu pilihan sarapan di Taiwan. Ada burger yang isinya daging B, daging ayam, sapi atau isi variatif lainnya.

Kue Kentang [薯餅]

Ini mirip mirip kentang goreng, cuma si kentangnya ini di cincang halus dulu, lalu di goreng bentuknya kotak kotak. Rasanya enak banget. Gurih dan renyah. Kalau kamu cobain makanan ini jangan lupa pakein lada sedikit, bakalan bikin ketagihan.

Kopi [咖啡]

Untuk minuman satu ini gak banyak komentar deh, pokoknya semua jenis kopi ada, dari Mocha, Capu-cinno dan Late tersedia. Tinggal pilih, tinggal teguk.

Lemon/ Teh Lemon [檸檬/檸檬紅茶]

Karena restoran modern ini ambil dari kebiasaan sarapan di Barat, makanya muncul si lemon, biasanya orang bule kan seneng tuh pagi pagi minum lemon. Saran aja sih buat kamu kalau yang perutnya gak kuat minum lemon pagi pagi mendingan jangan pesan ini, dijamin bisa langsung ke wc.

Campuran antara Tradisional dan Modern

Beberapa menu sarapan yang bisa di beli di kedua jenis tempat sarapan. Karena peminat menu ini lebih banyak, makanya baik yang tradi maupun yang modern ada jual.

Kulit Pangsit Quiche [蛋餅]

Sarapan ini sederhana, enak dan gak bikin begah. Kalau mau makan lebih kenyang boleh tambahin daging. Dan masakan ini langsung dibuat saat dipesan. Jadi mau diisi apa boleh langsung bilang sama penjualnya. Jenis isi yang terpikirkan bisa ditambahin ke kulit pangsit ini, dari keju sampai daging-dagingan, juga kue kentang, sosis, kue lobak semua bisa di balut pake kulit pangsit ini.

Kue Kerupuk Daun Bawang [蔥抓餅]

Waktu pertama datang ke Taiwan, sering banget ketuker sama Kulit Pangsit Quiche, abis bentuknya mirip-mirip tapi rasanya beda. Ini walaupun namanya ada kerupuknya tapi bukan seperti kerupuk Indonesia yang kriuk kriuk. Pingirannya aja yang sedikit renyah, tapi tengah-tengahnya agak alot. Boleh langsung di makan begitu aja, atau di kasih telur.

Kue Lobak [ 蘿蔔糕 ]

Kalau ini mirip mirip sama salah satu makanan khas orang medan. Warnannya putih karena bahannya dari lobak putih. Lebih mirip kue tapi rasanya asin. Ada yang di potong kotak kotak kecil di campur telor, ada yang langsung lempengan besar digigit sendiri. Bagian utara Taiwan yang model begitu, jadi lempengan besar di gigit sendiri aja. Umumnya satu porsi isinya dua lembar. Salah satu makanan yang musti di cobain kalau mampir ke Taiwan.

Mie Goreng [炒麵]

Mie goreng ada dua jenis bumbu, yaitu bumbu jamur moku atau bumbu lada hitam.

Bubur [粥]

Datang kedaerah manapun kayaknya gak mungkin gak ada si bubur. Cuma beda tempat beda isi bubur. Kalau di Indonesia bubur ayam pake bawang goreng, yummy. Kalau di Taiwan beda area juga beda isinya. Ada yang pake sayuran, ada yang pake lobak kering, ada yang pake cakwe, ada yang pake kerang tiram, ada yang pake telur hitam pitan, dan ada juga yang polos gak pake apa apa, cuma dikasih kecap aja.

Sup Kental Jagung [玉米濃湯]

Ini juga salah satu menu yang pasti ada ditempat sarapan-sarapan. Malahan di resto cepat saji logo M juga ada jualan sarapan ini. Enak, cepat makannya, praktis dan kenyang.

Teh Susu [奶茶]

Kamu tahu donk kalau Taiwan terkenal dengan teh susu bobbanya, nah karena mendarah daging banget dengan masyarakat Taiwan, jadi kurang lengkap kalo sarapan gak pake minuman teh susu ini. Cuma gak pake bobbanya karna bakalan kenyang banget.

Teh [紅茶]

Minuman yang ada dimana mana dan pas banget buat sarapan.

Susu Kacang Kedelai [豆漿]

Sehat dan murah meriah. Beberapa resto sarapan tradisional suka masak susu kacang kedelai ini sampai sedikit hangus, jadi ada bau bau seperti asap bakar gitu. Kalau kamu ada beli dan mencium aroma ini, bukan berarti susu kedelai mereka hangus loh, tapi memang sengaja dibuat sedikit hangus, karena ada yang lebih suka minum susu kacang kedelai dengan aroma ini.

Beberapa menu ini merupakan bahan pertimbangan untuk di coba saat berkunjung ke Taiwan.

White Horse

2020.03.29.Walkholidayyarn

Postingan Terbaru

Follow SUNTEA MELODY

  • Facebook Fans Page
  • Twitter

Contact

wa : +886 905 316 836

Follow WALK HOLIDAY YARN

  • Facebook Fans Page

others

Taipei, Taiwan

This website and its content is copyright of © Suntea Melody Tarot & Astrology, 2020