• Suntea Melody

Mengenal Tarot Lebih Dalam - Apa Itu Tarot dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Updated: Sep 2


Okay, mungkin kita sering mendengar tentang tarot dan bagaimana tarot dipakai sebagai bahan diviniasi atau memprediksi masa depan. Hal ini sering membuat kita bertanya-tanya mengapa tarot bisa dengan jelas mengetahui tentang apa yang sedang terjadi dan sedang kita alami dalam hidup kita.


Awal perjalanan saya sebelum mengenal cara kerja Tarot, saya pun sering bertanya hal yang sama. Apakah ada hal yang mistik atau gaib dalam kartu Tarot?.


SEJARAH TAROT

Sejarah kartu tarot ini di dokumentasikan cukup baik sehingga kita bisa tahu bahwa kartu tarot ini asalnya dari Italia sekitar awal tahun 1400-an. Awal sejarahnya kartu tarot ini merupakan kartu permainan yang mirip dengan kartu remi modern saat ini!. Nah baru kemudian di abad ke-18-an, tarot menjadi lebih dikenal sebagai alat untuk divinasi atau meramal.


Dikarenakan gambar desain di kartu tarot terlihat elegan dan mewah, banyak juga yang mengklaim bahwa gambar-gambar ini berasal dari Kitab Thoth, milik Dewa Kebijaksanaan di Mesir!


Deck tarot pertama di temukan sekitar tahun 1440 dan 1450 di Milan, Ferrara, Florence dan Bologna. Kemudian berkembang dengan kartu set truf tambahan menjadi 4 set truf (four-suit-pack: Swords, Wands, Pentacles and Cups - hampir sama dengan Sekop, Keriting, Wajik dan Hati ).

Etteilla adalah orang yang pertama kali mengeluarkan rancangan deck tarot yang di desain khusus untuk tujuan okultisme/ meramala di sekitar tahun 1789. Tarot di bagi dua bagian besar yaitu Major Arcana dan Minor Arcana.


Major Arcana memiliki 22 kartu yang mewakili fase perjalanan hidup yang kita jalani, sedangkan Minor Arcana 56 kartu merupakan perwakilan detil kejadian, waktu, orang, atau hal yang bisa kita temui dalam perjalanan hidup sehari-hari.


MITOS SEKITAR TAROT

Ada beberapa mitos tentang tarot yang membuat tarot terkesan kaku dan tabu. Beberapa orang mempercayai bahwa kartu tarot itu harus di berikan dari seorang cartomancy agar bacaan tarot lebih akurat, ibarat seperti menurunkan ilmunya kepada generasi berikutnya.


Ada juga yang percaya bahwa tarot harus di kocok dengan cara tertentu agar tidak membuyarkan energinya sehingga lebih akurat hasil bacaanya. Ada pula yang bilang bahwa tarot harus di piih oleh orang yang akan di bacakan (dan bukan oleh pembaca tarot) supaya energinya lebih akurat. Dan ada juga yang menggatakan bahwa tumpukan kartu tarot harus di belah/ dipotong dengan menggunakan tangan kiri atau bukan tangan dominan-dsb.


Menurut pribadi saya, beberapa hal mitos yang dibuat mengenai tarot merupakan bentuk perlindungan kepada energi si pembaca atau yang dibacakan. Tentunya ini semua merupakan kebiasaan pribadi masing-masing untuk tetap menjaga 'ke-sakral-an" tarot ini.


Saya pribadi tidak ingin mengatakan bahwa mitos-mitos yang beredar tidak benar adanya, dan saya pribadi tidak menentang pada mitos yang ada selama ini. Saya menghormati sepenuhnya pada mitos-mitos tersebut, karena Saya yakin bahwa mitos tersebut ada karena memilki alasan tersendiri.


MENGENAL TAROT

Seperti sudah di sebutkan sebelumnya bahwa tarot memiliki tumpukan 78 kartu yang masing-masing memiliki simbol dan kisah tersendiri. Dari tumpukan 78 lembar tarot tradisional, ada 22 kartu yang disebut Major Arcana (Kartu Arcana) dan 56 kartu Minor Arcana.


Membedah lebih dalam, dalam kartu Minor Arcana terdapat 16 Kartu Tarot Court (Raja, Ratu, Prajurit dan Pages) yang mewakili 16 karakter kepribadian berbeda. Beberapa cartomancy atau peramal ada yang menggunakan kartu tarot digabung dengan elemen yang serupa dalam astrology dan fengshui, yaitu Elemen Air (Cups), Tanah (Pentacles), Api (Wands) dan Udara (Swords).


Minor Arcana juga mencakup 40 kartu yang memiliki angka yang disusun dalam 4 Set dengan masing-masing set berisi angka 1-10, dan gambar gambar yang terdapat pada kartu dapat mewakili berbagai situasi yang kita temui sehari-hari, atau simbol waktu serta numerologi.



APA YANG BISA DI LAKUKAN DENGAN TAROT


Tarot merupakan alat yang sempurna untuk pengembangan diri, membantu dalam membuat keputusan, memberikan arah dalam mewujudkan tujuan, merencanakan bisnis, menulis buku, bermeditasi — dan hal lainnya.

Gambar gambar dalam tarot tradisional bisa dipakai untuk mewakili kejadian atau momen dalam kehidupan sehari hari, dan gambar ini dimanfaatkan untuk menjadi alat dan sarana yang tepat dalam menjelaskan apa yang sedang kita alami, sehingga membantu kita dalam membuat rancangan rencana kedepannya.


Otak alam bawah sadar kita akan lebih mudah mengenali gambar dan warna. Sama seperti saat kita bermimpi yang seringkali terefleksi dari kegiatan kita. Gambar gambar ini terekam secara tanpa sadar oleh otak kecil kita.


BAGAIMANA TAROT BEKERJA


Walaupun banyak orang berasumsi bahwa tarot dapat memberi tahu mengenai masa depan atau dapat membuat prediksi masa depan, namun fungsi tarot sebenarnya bukanlah itu. Tarot merupakan alat untuk membantu seseorang lebih terkoneksi dengan inner wisdom dirinya sendiri. Tarot juga dapat dijadikan alat pembimbing spiritual, motivasi dan pengembangan diri.


Tarot dapat memberitahu dan membimbing seseorang untuk lebih mengerti dan memahami mengenai situasi yang saat ini dihadapi. Dan kemudian mengkoneksikan dirinya sendiri dengan 'kebijaksanaan batin' yang selama ini tersimpan dalam alam bawah sadarnya tersebut.


Contoh kita mungkin tahu bahwa kata bijak "sedia payung sebelum hujan". Dan ini merupakan wisdom/ kebijaksanaan yang sudah kita pahami dan kita setujui sejak kecil. Karena kalau tidak ada payung tentunya kita basah kuyup, dan saat basah kuyup akan membuat kita lebih mudah terserang flu.


Namun terkadang dalam keseharian kita ditambah dengan kesibukan aktivitas dalam hidup, terkadang kita lupa untuk menggunakan kata bijak ini. Tarot bisa membantu kita untuk mengingatkan kembali pada kata bijak ini yang memang sudah tertanam dalam diri kita. Dan ini membantu kita untuk menekan kerusakan atau kerugian yang mungkin dapat kita alami pada saat kita menghadapi tantangan dalam hidup.


Kembali lagi, sebenarnya semua jawaban ada pada diri kita sendiri, namun ya itu dia saat masalah datang, atau ujian hadir dalam kehidupan, kita mudah sekali melupakan dan meberikan waktu untuk berkomunikasi dengan diri sendiri. Tarot memungkinkan kita memanfaatkan kebijaksanaan dan jawaban yang ada di dalam diri kita semua dengan merefleksikan pada kartu tarot.


Setiap pelajaran spiritual yang kita temui dalam hidup kita, dapat ditemukan dalam gambar yang terdapat pada 78 kartu tarot tersebut. Dan ketika kita berkonsultasi dengan tarot, kita akan ditunjukkan pelajaran pelajaran yang perlu kita ambil, lalu kita belajar untuk menjalani kehidupan yang lebih terinspirasi.


Tarot membaca alam bawah sadar seseorang pada fase dimanakah dia saat ini dikarenakan gambar yang terdapat dalam tarot memiliki perwakilan aktivitas tertentu yang sering kita temui dalam kehidupan sehari hari. Dan seorang cartomancy membantu seseorang untuk berkomunikasi dengan alam bawah sadarnya yang tergambarkan pada kartu tarot tersebut. Sama seperti kita bermimpi, kita bermimpi secra visual, kita melihat benda, simbol, warna, binatang dan sebagainya.

Pembaca Tarot menggunakan kartu tarot untuk mengakses intuisi dan kebijaksanaan batin dalam diri kita. Gambar gambar dan simbol kejadian yang ada dalam kartu tarot memberikan akses instan yang langsung ke pikiran bawah sadar dan intuisi kita. Dan inilah sumber kekuatan kita, yaitu diri sendiri. Dikarenakan intuisi tidak dapat berbicara seperti mulut kita berbicara, maka dengan menggunakan tarot sebagai media komunikasi kita dengan alam bawah sadar kita dan merefleksikan pada terbaran kartu tarot tersebut.


Tentunya kita percaya didunia ini segalanya memiliki energi, begitupun intuisi kita. Walaupun tidak dapat aktif berbicara, namun dapat memanipulasi energi sekitar kita. Pernahkah kamu saat berjalan dijalan lalu tiba tiba seperti ada tarikan untuk melihat sesuatu hal, yang ternyata memberikan jawaban dan nasehat untukmu?. Ini merupakan energi intuisi kita yang memanipulasi energi disekitar kita, menjadikan hal tersebut menarik perhatian kita.


Saat kartu tarot yang di shuffle keluar, atau di pilih oleh pembaca tarot, intuisi pembaca tarot dapat langsung melihat simbol, warna atau karakter yang terefleksikan pada kartu. Kita dapat membayangkan seperti ada energi disekitar tubuh kita yang menarik atau menyentil kartu tarot untuk keluar.


Pembaca Tarot menyamakan frekuensi energi alam bawah sadar seseorang yang terefleksikan pada tarot lalu mengartikan gambar atau simbol yang muncul. Sehingga penting untuk seorang tarot reader atau pembaca kartu tarot belajar terlebih dahulu mengenai proses kerja energi alam semesta. Dengan begitu pembacaan kartu tarot akan menjadi lebih mudah karena menggunakan bantuan intuisi, sedangkan kartu tarot sebagai media penyampaiannya.


Walaupun dalam membaca Tarot tidak perlu menggunakan hal hal gaib atau mistis, tetapi seorang Tarot Reader yang baik menggunakan intuisi dan “mempercayai” kartu Tarot yang muncul dan menarik garis lurus dalam membaca dan mengartikan kartu, sehingga bacaan menjadi akurat dan resonates.

Kita hidup di Alam Semesta yang penuh kasih dan cinta, serta alam semesta yang memiliki sistem yang sangat pintar serta pandai yang tidak dapat kita cerna dalam otak atau di jelaskan secara logika. Kita adalah mahluk spiritual yang hidup dalam tubuh manusia dengan penuh keterbatasan, tentunya tidak dapat mengerti seluruhnya mengenai dunia spirit yang sering di terjemahkan sebagai sebuah keanehan, kegaiban, atau hal yang perlu ditakuti.


Namun kenyataanya alam semesta selalu "berbicara" kepada kita melalui apapun, baik benda maupun orang yang kita temui yang sering kita sebut "kebetulan" atau "sinkronisiti".


Menggunakan tarot juga merupakan salah satu cara untuk menerima signal, atau membaca tanda tersebut. Hampir sama caranya dengan format diviniasi/ ramalan lain yang kita kenal seperti menggunakan daun teh, runes, koin I Ching, dadu, tulang, kartu ceki, dan lainya.


BAGAIMANA KEAKURATAN TAROT


Jika kita menggunakan tarot tanpa niatan atau keseriusan bertanya, sekedar pertanyaan acak atau iseng, atau kalau kamu lebih mempercayai segala sesuatu dijelaskan secara sains yang harus masuk logika tentunya kamu tidak dapat mendapatkan jawaban yang di harapkan dari tarot. Dan ini membuat banyak merasa tarot tidak akurat.


Karena alam bawah sadar kita tertutup dan tidak bersedia untuk membuka dan menerima informasi yang di berikan. Namun kalau kita bersedia membuka diri, dan mempercayai keagungan alam semesta dan bersedia untuk menerima signal atau tanda dari bentuk apapun, (baik dari tarot atau sumber tanda lainya), tentunya tarot akan dapat bekerja dengan sangat akurat dalam memberikan informasi yang dapat membantu kita.


Jadi menurut pribadi saya bagaima cara kartu tarot berfungsi? tentunya seseorang perlu memiliki pemikiran terbuka, lalu memahami bagaimana energi dan cara alam semesta bergerak. Karena pada saat pikiran terbuka maka kita mengijinkan energi tersebut untuk dipantulkan dan mengalir kedalam kartu tarot atau media lainya. Tetapi kalau kamu bertanya pada tarot tanpa bersedia untuk membuka pikiran dan hanya meyakini hal yang selama ini kamu yakini, maka kamu tidak mengijinkan mereka untuk menyampaikan informasi, jelas kamu tidak akan mendapatkan informasi yang kamu harapkan. Seperti halnya radio, tentunya butuh transmiter untuk menangkap dan menerima signal.


Alam semesta bukanlah sebuah kebetulan, dan setiap bacaan tarot yang muncul dan hadir dalam perjalanan kita juga bukanlah sebuah kebetulan. Kita adalah jiwa roh yang turun dan menikmati pengalaman hidup sebagai manusia, dalam dunia jiwa roh kita hal ini bukanlah sebuah hal "aneh" atau luar biasa. Namun dengan terperangkap dalam tubuh kita, banyak hal perlu 'masuk akal' baru bisa kita terima, ini yang membuat kita melihat hal ini sebagai sesuatu hal yang tabu dan aneh.


Sekarang setelah kita tahu apa itu Tarot dan bagaimana cara tarot bekerja, saya sarankan kamu untuk mengambil kartu tarot kamu, koneksikan dengan intuisimu dan mulai membaca tarot untuk diri sendiri. Namun jangan untuk memprediksikan masa depan, tetapi lebih kepada menciptakan masa depan kita sendiri dengan kekuatan diri sendiri. Make magic dan Be the magic!


Baca Juga : Pilih Kartu

Recent Posts

See All

Postingan Terbaru

Follow SUNTEA MELODY

  • Facebook Fans Page
  • Twitter

Contact

wa : +886 905 316 836

Follow WALK HOLIDAY YARN

  • Facebook Fans Page

others

Taipei, Taiwan

This website and its content is copyright of © Suntea Melody Tarot & Astrology, 2020