• Suntea Melody

1 DARI 7 CHAKRA: SACRAL CHAKRA, GIMANA MEMBUKA & SEIMBANGKAN SERTA MANFAATNYA

Updated: May 19

Hi, salam kenal, saya Santy, Selamat datang di blog ini tempat berbagi informasi mengenai Spiritual, Pengembangan Diri dan Motivasi.

 

Kali ini mau membahas tentang bagaimana cara untuk membuka, menyeimbangkan dan memanfaatkan Sacral Chakra.

Sacral Chakra adalah Chakra kedua yg terletak di Bawah Pusar kita. Chakra ini di wakilkan dengan warna orange dan berhubungan dengan perasaan, emosi, personaliti, keunikan diri, kesensualan serta kreatifitasan dan sexualitas.


Ini adalah salah satu chakra dasar dari 7 pondasi chakra yang bisa di stimulasi atau di latih dalam keseharian kita. 

Untuk kawan kawan yang belum tentang apa itu chakra, boleh silahkan cek di video  penjelasan YouTube agar lebih jelas mengetahui tentang topik chakra yang kita bahas kali ini.



Sacral Chakra atau Swadhistana dalam bahasa sanskrit nya, Chakra kedua ini juga meliputi perasaan 'harga diri' atau self-esteem, dan juga cara kita memandang diri sendiri, saat chakra ini mengalami ketidak seimbangan akn membuat kita merasa malu, pencemburu, posesif, perasaan bersalah dalam diri, malu akan bentuk tubuh kita atau bahkan pada perasaan libido seksualitas kita yang sebenarnya natural sebagai mahluk hidup. 

Selain itu chakra ini juga meliputi karisma kita, sensulitas, perasaan enjoy, santai, relaks, dan juga "energi" kita dalam menarik pasangan/lawan jenis atau personal magnet, untuk singkatnya Sacral Chakra ini berhubungan dengan segala hal tentang rasa percaya diri, serta pengendalian emosi.


Ketidak seimbangan chakra disebabkan dua aspek, kurang aktif dan terlalu aktif. Beberapa tanda kalau chakra di area ini  tidak seimbang, adalah :

Kurang Aktif

  • Emosional, perasaan emosi yang tidak stabil, naik turun, sebentar sedih, sebentar suntuk, dan kadang bisa mudah marah

  • Perasaan kurang energik, malas melakukan keinginan diri, tidak bergairah

  • Merasa bersalah bila merasakan kesenangan, umumnya setelah melakukan hubungan seksualitas merasa malu untuk berfantasi dsbnya

  • Sulit mengeluarkan kreatifitasan diri

  • Merasa malu pada bentuk tubuh, tidak puas dengan diri sendiri, kurang percaya diri

  • Sering dan mudah sekali merasa cemburu terhadap orang lain, iri hati

  • Kurang fleksibel dalam keseharian, selalu merasa sulit menerima perubahan

  • Kurang dapat bersosialisasi dengan masyarakat

  • Merasa terintimidasi saat berdekatan dengan orang lain, atau saat bersama pasangan melakukan hubungan intim

  • Merasa tidak aman dalam sebuah hubungan, walaupun pasangan sudah berkali kali mengungkapkan rasa cinta atau sayang, tetap takut kehilangan orang terdekat

  • Merasa sulit untuk hidup sendiri, menghabiskan waktu dengan diri sendiri


Terlalu Aktif :

  • Keinginan seksual yang tinggi dan selalu tidak merasa puas

  • Suka minum minuman beralkohol

  • Drama, atau over acting dalam setiap situasi

  • Sangat berambisius melakukan sesuatu, dan harus mendapatkan apa yang diinginkan

  • Merasa harus selalu menang dalam situasi apapun, sulit menerima kekalahan

  • Mengalami mood yang berganti ganti, mood swing

  • Sangat emosional, mudah kesal, tersinggung, marah, dan memendam emosi

  • Hipersensitif, terlalu sensitif

  • Merasa sakit pada tulang punggung bawah (area dekat pinggang)

  • Merasa tertekan atau depresi apabila orang lain tidak bersedia menemani atau menjawab telepon kita

  • Merasa orang lain memiliki kewajiban atau tanggung jawab atas kesenangan kita

  • Suka menyalahkan orang lain atas ketidak puasan diri


Dan kalau chakra ini terus menerus tidak seimbang, kondisi ini juga bisa berefek pada area tubuh seksualitas kita, selain merasa kurang gairah, dan juga perasaan tidak bisa menikmati 'seks' secara sebagaimana mestinya, atau bahkan perasaan bersalah setelah melakukan hubungan seks dengan pasangan, atau rasa malu mengungkapkan diri sendiri, serta rasa tidak bisa enjoy dengan hubungan intim dsb-nya. Untuk wanita akan bisa sampai terganggu periode atau menstruasinya.  


Saya ada membuat checklistnya berupa format lembaran pdf yang dapat di download. Cukup isi dengan perasaan hari itu atau seminggu terakhir untuk melihat apakah chakra bagian ini tidak seimbang. Kenapa harus rutin memeriksa ? Karena energi kita selalu bergerak dan berubah setiap hari, dan setiap hari pula energi kita ini bisa over, atau lower. Pergerakan Ini tergantung dari makanan kita setiap hari, dari gaya hidup kita, dari perubahan energi di sekitar kita, orang orang di sekeliling kita, semua ini berpengaruh.

Semoga list daftar ini bisa bermanfaat untuk kawan kawan sebagai panduan setiap hari. Kalau kita mencontreng lebih dari 5 keatas ada kemungkinan energi chakra kamu gak seimbang, dan kalau ada mencontreng di dua bagian over aktif dan lower aktif, kawan kawan tinggal di bagian manakah yang mendapatkan lebih banyak contrengan.


Okey sekarang kita udah tahu ketidak seimbangan energi Sacral Chakra ini. terus Kak ? apa donk tanda tanda kalau energi chakra sakral ini seimbang ?

Tanda Tanda Sacral Chakra Seimbang :

  • #1-Healthy creative expression : HCE itu maksudnya kita bisa dengan mudah mengeluarkan ide ide kreatif yang ada di otak kita, kita juga mudah untuk mendapatkan inspirasi insirasi baru saat dihadapkan dengan sebuah masalah, atau kondisi atau situasi. Dengan begitu kita akan lebih mudah menghadapi suatu problem dalam hidup kita, karena akan selalu ada ide untuk menyelesaikan masalah kita.

  • #2-balanced hormones : Tentunya kawan kawan tahu kalau Mood kita sehari hari itu di atur oleh benda dalam tubuh kita yang di sebut Hormon, apalagi kalau kita seorang wanita atau kita kita yang hormon kewanitaannya lebih banyak, dengan keseimbangan hormon, khusunya wanita yang sedang mengalami menstruasi, saat periode menstruasi itu datang, kita tidak terlalu merasakan sakit yang berlebihan, haid lancar, dan juga saat period kita datang akan terasa lebih stabil mood-nya dan emosi kita gak mudah naik turun gak beraturan.

  • #3-ability to experience pleasure : Saat Sacral Chakra kita seimbang, kita dengan alami akan bisa menikmati hubungan seksualitas yang sakral dengan pasangan, tanpa ada perasaan bersalah, perasaan takut tidak bisa menyenangkan pasangan, perasaan malu akan bentuk tubuh, dan perasaan rumit lainnya.

  • #4-geneorus and giving : Saat chakra Sacral kita seimbang, kita tidak ragu/ takut untuk memberi, sharing kepada orang lain, berbagi pengetahuan, dan kita tidak merasa takut kehilangan pasangan kita, atau orang sekitar kita, justru kita akan lebih mensuport orang orang sekitar kita untuk sama sama bertumbuh, dengan memberikan atau berbagi pengetahuan kata untuk membantu mereka lift up juga.

  • #5-nurturing to self : kita melakukan aktifitas untuk menutrisi diri sendiri, misalnya membaca buku, mendengarkan musik, menambah pengetahuan baru, belajar hal baru, dsb dan akan lebih mudah untuk menyerap ilmu ilmu tersebut. Kawan kawan pasti pernah merasakan setiap kali belajar bawaanya suntuk, mau baca berkali kali tetap gak masuk otak ? nah itu kemungkinan Energi Sacral Chakra nya kita terblokir atau gak seimbang.

  • #6-healthy boundaries : kita akan punya dan tahu bagaimana cara membuat batasan diri untuk melindungi energi kita.


Sekali lagi saya mau ingatkan, bahwa Setiap hari nya tubuh kita berubah energinya, sesuai dengan gaya hidup kita, makanan yang kita makan, dan energi sekitar kita. Sama seperti kita berolah raga, kalau rajin olah raga semakin hari semakin kuat tubuh dan otot kita, tapi kalau cuma olahraga sekali, ya otomatis efek nya juga tidak bertahan lama, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk menyeimbangkan Chakra kita setiap hari.


Trus gimana cara untuk Menyeimbangkan Sacral Chakra tersebut : Disini saya mau share cara cara yang saya udah praktekan sendiri, dan juga beberapa cara yang saya kumpulkan informasi dari google, buku dan dari guru Spiritual Saya. Cara ini di sesuaikan dengan kondisi kawan kawan. Jadi gak ada cara yang terbaik atau terburuk disini, namun hanya sharing ide ide yang bisa kawan kawan gunakan dan praktekan sesuai dengan kondisi dan karakter masing masing:


  1. Koneksi dengan alam, dengan tanah, air dan udara, saat suntuk atau chakra ini lagi terblokir, kita bisa simpel dengan " bercocok tanam" atau bermain tanah, atau orang barat bilang BE GROUNDED, Ground itu artinya bawah, dasar, tanah - jadi main tanah paling simpel dalam Memanfaatkan alam untuk healing : Chakra ini selain berhubungan dengan tanah, juga berhubungan dengan element air, sehingga bisa lakukan penyeimbangan dengan menghabiskan waktu di pantai, sungai, danau atau berenang, dan minum air yang banyak. Jadi tahu donk kenapa scientifik bilang kalau kamu lagi kehabisan ide, minum air bisa membantu merefresh otak. Selain pergi ke pantai, main pasir atau sekedar nanam tanaman di pot bunga, ada aktifitas yang gampang dan juga merupakan aktivitas 'connecting with the earth" yaitu dengan cara berdiri tegak di halaman rumah, yang ada tanah atau rumputnya, bertelanjang kaki sambil membuka telapak tangan secara santai di samping tubuh, kemudian cukup bernafas dengan santai selama beberapa menit.

  2. Meditasi

  3. Yoga : Dengan beryoga, aliran energi kita akan bergerak setiap harinya, dan dengan alami bisa membuang energi energi yang 'mati'. Beberapa pose yoga yang lebih terfokus pada area Chakra ini adalah pose Trikonasana (triangle post), Natarajasana (Shiva pose), Bhujangasana (Cobra Pose) atau Badhakonasana (butterfly pose)

  4. Mantra : Vam (at vibration D) frekuensi 299Hz, Chakra Mudra = Dhayni Mudra = letakan tangan kanan di atas tangan kiri, dengan jempol saling bersentuhan lalu ucapkan mantra Vam

  5. Crystal : Terapi menggunakan kristal yang bisa dibawa sehari hari atau di padukan dengan meditasi. Contoh Crystal yang bisa membantu menyeimbangkan Sacral Chakra : Carnelian, citrine, orange calcite, orange carneline , fire opal

  6. Essential Oil : Black Pepper, cinnamon, cypress (cemara), tangerine orange -

  7. Afirmasi: Saya hidup dalam lingkungan yang bebas stress, Saya tinggal dalam lingkungan yang bahagia dan kreatif, dsb

  8. Makanan : Perbanyak makanan berwarna orange, semisal pepaya,kacang almond, melon, buah berwarna oranye, kelapa, manga, walnuts (kacang kenari) Labu halowen (pumpkin)

  9. Aromatherapy : rosewood, clary sage, grapefruit, bergamot, geranium (bisa bakar dupa, atau campurkan dalam air mandi)

  10. Musik : Musik atau alunan irama juga merupakan salah satu alternatif untuk menyeimbangkan chakra ini, bisa mendengarkan bunyi air laut, bunyi air terjun, atau air hujan yang cukup menenangkan hati.

  11. Pijat Reflrexiology = dengan memijat area pergelangan tangan dan kaki posisi telapak dalam kaki

  12. Warna : Orange, pakai pakaian berwarna orange juga bisa membantu untuk menyeimbangkan chakra ini.

  13. Visualisasi : Memvisualisasikan keseimbangan pada area Sacral Chakra ini.


Beberapa cara diatas hanya merupakan ide - ide untuk menyeimbangkan energi Sacral Chakra, kalau misalnya kawan kawan punya cara lain, jelas boleh boleh saja. Tetap dengarkan intuisi diri sendiri. Jika kamu ada cara atau pengalaman lain dalam menyeimbangkan energi Chakra ini, boleh berbagi di kolom komentar dibawah. Happy balancing life.


Suntea Melody



Download File : Sacral Chakra Checklist


Postingan Terbaru

Follow SUNTEA MELODY

  • Facebook Fans Page
  • Twitter

Contact

wa : +886 905 316 836

Follow WALK HOLIDAY YARN

  • Facebook Fans Page

others

Taipei, Taiwan

This website and its content is copyright of © Suntea Melody Tarot & Astrology, 2020