• White Horse

CUKUP 1 TIKET AJA UDAH BISA KE LOKASI TEMPAT YANG WAJIB di KUNJUNGI SAAT KE TAINAN!

Updated: Jun 22



Kali ini Why Team mampir di Tainan. Sebelum berbagi cerita tentang Tainan, kita mau bagi info sedikit tentang tiket promo yang lumayan murah dipakai saat berada di Tainan. Tainan ada 5 spot area yang wajib dikunjungi, dan setiap lokasi spot tersebut biasanya sekali masuk harga tiket umumnya adalah 50 NTD. Dengan membeli tiket promo yang di jual di loket masuk dengan harga 150 NTD bisa digunakan untuk mampir ke 4 lokasi dari 5 tempat yang tertera di atas tiket masuk promo. Jadi bisa hemat 50 NTD lumayan untuk satu kali makan siang.


Yang asiknya adalah masa batas waktu tiket ini bisa disimpan untuk kunjungan berikutnya dan biasanya sih berlaku untuk satu tahun jadi kalau kamu ada membeli tiket promo ini jangn buru-buru di buang yah tiketnya.


Cukup 1 Tiket ini aja untuk mengunjungi 4 lokasi (dari 5 tempat berbeda)

Sekarang simak pengalaman Why Team mengunjungi Tainan, yang banyak lokasi dan spot cakep untuk berfoto-foto.

Update terbaru : Tiket promo ini hanya berlaku hingga 1 Maret 2020 , Kalau beli sebelum tanggal tersebut, namun 5 tempat belum habis di kunjungi masih bisa di pakai loh.

1. ANPING OLD FORT, LOKASI BERSEJARAH PENINGGALAN JAMAN BELANDA

Kunjungan pertama kita adalah ke tempat yang cukup terkenal yaitu Anping Old Fort atau dalam bahasa mandarin nya Anping Gubao #安平古堡 Tempat ini sebenarnya benteng pertahanan Belanda pada saat zaman dulu, dan didalam benteng ini ada beberapa kisah sejarah yang dulu sempat kita pelajari di sekolahan, yaitu tempat perdagangan Teh yang akan di kirim dari Taiwan ke Eropa atau bebeberapa tempat lain yang biasanya transit di Indonesia, dan semua ini di urus oleh organisasi VOC. Saat nemuin logo VOC ini seneng juga, karena bisa lihat langsung dan gak hanya lihat dari buku pelajaran sejarah aja yang hitam putih.




Sisa pembongkaran bahan bangunan Benteng Anping oleh dinasti Qing


Dalam benteng ada sebuah sumur yang konon tersambung ke lokasi lainnya, sumurnya sekarang sudah ditutup

Sekitar tahun 1620an Belanda mendarat di Taiwan sekitar area Anping. Disini VOC mendirikan dua buah benteng, yang pertama adalah Benteng Zeelandia dan yang kedua adalah Benteng Provintia. Nah si Anping Old Fort ini awalnya bernama Benteng Zeeland yang di bangun pada tahun 1624 tersebut. Dahulu benteng ini di gunakan oleh pusat pemerintahan Taiwan sebagai benteng kerajaan. Namun karena saat dinasti Qing berkuasa, tempat ini sedikit terabaikan dan tidak di rawat dengan baik, karena mereka menggali dan mengambil bahan bangunan kastil ini untuk pembangunan Kastil Eternal Golden.


Sisa pembongkaran bahan bangunan Benteng Anping oleh dinasti Qing Benteng Anping kembali di bangun ulang pada saat penjajahan kolonial Jepang, dan setelah perang dunia ke 2 tempat ini di ganti namanya menjadi Benteng Anping Lama (Anping Old Fort / "安平古堡“ :dibaca Anping Gubao). Kalau kamu menyukai tempat bersejarah, juga menikmati arti peninggalan sejarah yang asli maka wajib hukumnya untuk datang ke sini. Walaupun didalam benteng ini tidak terdapat banyak benda unik seperti layaknya musium, tetapi lokasi keseluruhan benteng ini cukup baik sebagai spot foto, dan cukup mempesona.

Note Kecil Why Team: Alamat : No.82, Guosheng Rd., Anping Dist., Tainan City 70842, Taiwan (R.O.C.) Telepon : +886-6-2267348 Jam Buka : Senin-Minggu 08:30-17:30 Harga Tiket Full 50 NTD (Untuk penduduk Tainan gratis) . Bisa menggunakan tiket discount untuk 4 lokasi dengan harga 150 NTD. Transportasi : Bis 99 dari Tainan Bis Stasiun, turun di Anping Old Fort Stasiun, lalu berjalan kurang lebih 5-7 menit, untuk lebih lengkap silahkan klik disini


2. TEMUKAN KEDEKATAN DENGAN ALAM DI ANPING TREEHOUSE

Begitu masuk ke rumah pohon Anping suasana nya benar seperti dua dunia berbeda banget. Ada suasana seperti Tarzan dan Jane. Setelah baca kisah awal mula tempat ini baru ngeh, dahulu kala sebelum di jadikan tempat untuk wisata, tempat ini adalah pabrik Tait& Co. Merchant House(德記洋行) . Katanya sih ini juga tempat dimana penyimpanan dan pembuatan garam saat jaman penjajahan Jepang, dan ini ada hubungan nya dengan kerajaan garam Sio House.





Baca juga: Berkunjung ke Musium Garam Sio House, Tainan Lama kelamaan karena tempat ini sudah tidak di gunakan, akhirnya banyak tumbuh tanaman dan akar-akar pepohonan. Karena masih ada bangunan lama sehingga akar pohon ini tumbuh mengikuti bentuk rumah, dan setelah bangunan rumah nya di robohkan, akarnya tetap membentuk seperti lokasi rumah dimana kita bisa berjalan di tengah lokasi. Cukup membuat perasaan unik dan misteri sih begitu masuk ke rumah pohon Anping ini. Saat kami mengunjungi tempat ini sedang ada pameran tentang binatang Amphibi, selain di pajang foto-foto tentang katak, kodok dan keluarganya, juga di perdengarkan suara krik krik katak. Jadi cukup seram juga saat masuk kedalam, karena seperti masuk ke hutan belantara yang tidak ada penghuninya. Bisa juga karena kita orang penakut sih. Tapi untungnya saat didalam, banyak juga pengunjung lain yang sedang melihat pameran Amphibi ini. Padahal hampir saja membatalkan niat untuk menjelajah lebih jauh lokasi ini. Lokasi ini sebernarnya luas dan cocok untuk berfoto, dan ada beberapa sudut di dalam rumah pohon ini yang bisa di abadikan kedalam foto pre-wed. Selain tempat alami, sinar matahari yang ngintip kedalam pohon ini bisa kasih efek yang cukup romantis. Disini karena terkesan dengan suasana alaminya jadi lebih banyak pose foto-foto aja, dan sedikit lupa dengan pameran Amphibinya.

Note Kecil Why Team: Telepon : +886-6-2267348 Jam Buka : Senin-Minggu 08:30-17:30 Harga Tiket Full 50 NTD (Untuk penduduk Tainan gratis) . Bisa menggunakan tiket discount untuk 4 lokasi dengan harga 150 NTD. Transportasi : Bis 99 dari Tainan Bis Stasiun, turun di Anping Old Fort Stasiun, lalu berjalan kurang lebih 3 menit, untuk lebih lengkap silahkan klik disini Saat ke lokasi ini berhati-hati dengan nyamuk yang ukuran nya cukup mengejutkan. Ada baiknya bawa lotion anti nyamuk!


3. TAIT & CO. MERCHANT HOUSE (德記洋行)

Lokasi ini pas bersebelahan dengan rumah pohon Anping, didalamnya ada penjelasan lengkap mengenai perjalanan produksi teh dan perdagangan teh dalam penyebaran keseluruh dunia.


Tempat ini memiliki banyak barang bernilai sejarah. Hampir mirip-mirip dengan museum kota tua di Jakarta, Indonesia. Mungkin karena juga salah satu peninggalan dari zaman jajahan ya, aroma Belanda sangat kentara di bangunan ini.







Menjelajah lebih jauh lagi, ada penjelasan jalur perdagangan teh. Kalau kamu haus akan ilmu persejarahan akan mendapatkan banyak informasi bermanfaat disini, dan semuanya itu saling sambung menyambung menjadi satu deh. Karena Why Team waktu masa sekolah gak terlalu suka pelajaran sejarah, jadi saat muter-muter disini tidak terbawa arus persejarahan, akhirnya hanya berfoto-foto dan menujut pintu exit. Untuk spot foto-foto disini bagus banget, karena ya itu tadi selain bangunan unik dan 'hawa' sejarahnya masih kental, cocok banget untuk mengabadikan kenangan disini, serasa hidup di jaman Belanda.


4. Fort Zeelandia Museum 熱蘭遮城博物館

Bersebelahan dengan fort Anping terletak musium Zeelandia yang didalamnya terdapat banyak peninggalan benda bersejarah.


Karena ini soal masalah pelajaran sejarah, jadi kasih foto aja untuk jadiin pertimbangan. Beberapa spot sudut musium ini bagus untuk berfoto loh.



















5. Musium Garam Sio House (夕遊出張所)


Ini salah satu tempat yang saya pribadi rekom banget untuk dikunjungi. Walaupun tempatnya mungil dan sempit, tempat untuk berfoto juga terbatas, tapi kalau ke Tainwan gak mampir kesini kayaknya sayang banget.


Sebenarnya ini waktu jaman dulu adalah pabrik garam dan tempat penampungan garam yang akan dikirim keluar negara. Sehingga tempat ini jadi tempat yang pengalaman dalam bidang garam. Nah uniknya disini adalah garam yang ada saat ini ada disediakan berbagai warna, dan arti.






Note Kecil Why Team: Alamat : No.196, Anping Rd., Anping Dist., Tainan City 70849, Taiwan (R.O.C.) Telepon: +886-6-3911088 Jam Buka : Setiap Hari mulai 10:00-18:00 (Weekend Buka 10:00-19:00) Transportasi : Bis 99 Jurusan Anping ke Taijang, turun di stasiun Anping Fort (#安平古堡) lalu berjalan kaki kurang lebih 6 menit, untuk arah berjalan kaki bisa di klik disini.


6. Tainan Old Street (Jalan Tua Tainan)


Orang orang di Taiwan paling suka jalan jalan di kota tua karena banyak cerita sejarahnya. Kalau sempat mampir kesini jangan lupa masuk dan mampir untuk melihat lihat kedalam tokonya. Banyak barang barang yang bikin inget masa kecil.

Salah satu dijalan tua ini ada toko yang khusus menjual asinan buah. Baik juga untuk oleh oleh khas jajanan dari Tainan.


Note Kecil Why Team: Alamat : Jianping Rd., Anping Dist., Tainan City 708, Taiwan (R.O.C.) Jam Buka: 24 Jam Transportasi : dari Anping Fort (#安平古堡) lalu berjalan kaki kurang lebih 4 menit, untuk arah berjalan kaki bisa diklik disini.



7. Pantai Anping


Mampir jalan jalan berkisar sore jangan lupa untuk mampir sejenak kepantai untuk menikmati sunset. Disini foto foto sambil nunggu matahari terbenam, tempatnya romantis mengingatkan kita pada pantai Bali Kuta.









Why Team

Postingan Terbaru

Follow SUNTEA MELODY

  • Facebook Fans Page
  • Twitter

Contact

wa : +886 905 316 836

Follow WALK HOLIDAY YARN

  • Facebook Fans Page

others

Taipei, Taiwan

This website and its content is copyright of © Suntea Melody Tarot & Astrology, 2020