• White Horse

Panduan Mengurus Visa Taiwan Untuk Warga Negara Indonesia

Updated: Jun 6

Mau jalan ke Taiwan untuk pemegang paspor Indonesia perlu mengurus visa ijin masuk Taiwan. Mengurusnya tidak repot koq, dan kalau Whitehorse rasa sih urus sendiri juga bisa, bahkan termasuk gampang dan mudah, hanya saja beberapa dokumen aja yang perlu di siapkan lengkap supaya tidak perlu bolak-balik.

Persiapan Dokumen

Sebelum aplikasi Visa masuk Taiwan, kenali dulu tipe perjalanan travel kamu termasuk jenis yang bagaimana. Di situs ini dibagi 3 jenis visa, yaitu visa pekerja, visa umum dan e-visa. Perbedaanya kalau visa pekerja kamu memiliki surat ijin perusahaan, atau perorangan yang menjamin kamu untuk masuk ke Taiwan bekerja, ini disebut Foreign Labor visa.

Sedangkan visa umum adalah visa kunjungan biasa, atau kalau kamu perlu tinggal atau stay lebih lama di Taiwan, dan biasanya butuh surat penjamin dari pihak warga negara Taiwan untuk kamu bisa mengaplikasi visa jenis ini. Visa umum juga bisa kamu gunakan kalau kamu saat ini tidak memiliki Paspor Elektrik terbaru yang ada chip nya.

Yang jenis ketiga ini diberikan kemudahan untuk yang sudah memperbaharui Paspor Indonesianya menjadi E-Paspor. Kalau paspor yang kamu pegang saat ini sudah e-paspor dan masa stay kamu di Taiwan gak lebih dari 30 hari, monggo silahkan aplikasi menggunakan layanan internet visa online ini yang di singkat e-Visa. Untuk aplikasi e-Visa yang masih memiliki visa Jepang, USA dan beberapa negara tertentu cukup mengisi formulir di link kemudian melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, jadi tidak perlu repot ke loket untuk menyerahkan dokumen. Tapi kamu perlu meng-scan dokumen lalu di sertakan saat melakukan aplikasi e-Visa.

Dokumen yang dibutuhkan:

  • Paspor Asli (Masa berlaku minimal 6 bulan saat aplikasi visa), minimal 12 bulan kalau kamu aplikasi visa mutliple entry

  • Fotokopi Paspor

  • Fotokopi Kartu Keluarga

  • Fotokopi Rekening tabungan 3 bulan terakhir (Bisa minta keterangan di Bank tempat kamu nabung)

  • Pas foto ukuran 4x6 cm sebanyak 2 lembar, dengan background putih

  • Surat keterangan bekerja dari kantor (Asli), atau surat keterangan dari sekolah atau kampus untuk pelajar dan mahasiswa

  • Menyiapkan biaya visa single entry U$D 50 atau multiple entry U$D 100, kalau kamu aplikasi mengunakan sistem online kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran.

  • Setelah mengisi formulir permohonan di link.

Mengisi Aplikasi Formulir Online

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan saat mengisi formulir aplikasi di situs permohonan visa, karena ada beberapa pertanyaan dan isi biodata lengkap yang bikin bingung. Whitehorse bagi sedikit pengalaman saat aplikasi visa Taiwan.

Jika kamu berencana berwisata ke Taiwan, maka jenis visa yang dipilih adalah General Visa Application. Dan

berikut ini adalah daftar pertanyaan yang harus kamu jawab:

1. Which Category of Visa Are You Applying For?

Secara garis besar pertanyaan standar ini mengenai alasan serta lokasi kamu mengajukan visa. Kamu juga perlu menyediakan informasi lengkap seperti kewarganegaraan dan nomor identitas.

Jika kamu berdomisili di wilayah Indonesia, pilih Taipei Economic and Trade Office in Indonesia sebagai lokasi aplikasi visa Taiwan kamu. Kalau kamu berencana untuk pergi berlibur satu kali ke Taiwan dan jangka stay di Taiwan kurang dari 30 hari, pilih Single Entry. Kalau butuh untuk keluar masuk Taiwan beberapa kali silakan pilih Multiple Entry.

2. Applicant’s Details

Di bagian ini, kamu wajib mengisi semua pertanyaan mengenai informasi pribadimu secara lengkap dan benar. Di antaranya seperti nama lengkap, nomor identitas, tempat tanggal lahir, nama ayah dan ibu, pekerjaan, alamat tempat tinggal dan kantor, nomor kontak yang bisa dihubungi, serta email, dan lain lain.

3. Applicant’s Passport

Untuk bagian ini perlu ekstra teliti. Hampir sama saat aplikasi visa untuk negara-negara lainnya, di bagian ini kamu harus melengkapi data sesuai dengan data pribadi yang tertera di paspormu dengan tepat dan benar. Teliti lagi ya guys!

4. Journey to Taiwan

Setelah melewati bagian data pribadi, di seksi ini ada empat kolom yang harus kamu isi mengenai tujuan dari rencana perjalanan kamu ke Taiwan. Di sini kamu harus menyediakan informasi lengkap tanggal keberangkatan, perjalanan selama di Taiwan hingga jadwal kepulangan kamu kembali ke Indonesia.

5. Details of Your Contact in Taiwan

Kalau kamu memiliki keluarga, teman atau kantor yang akan menyambutmu di Taiwan, kamu harus memberikan informasi kontak mereka di sini. Ada beberapa yang bisa memberikan surat penjamin juga bisa di attach di bagian ini.

6. If You Are an R.O.C Citizen’s Spouse, Please Answer The Following

Untuk bagian ini hanya perlu dilengkapi apabila kamu mengajukan visa yang menikah dengan warga negara Taiwan.

7. Please Answer The Following Questions Truthfully

Disini ada beberapa pokok pertanyaan yang perlu kamu jawab dengan pilihan opsi ‘Ya’ dan ‘Tidak’. Dari title nya seperti sedang menguji kejujuran kamu :D!

8. Declaration

Untuk bagian deklarasi ini kamu diminta menjawab 11 pertanyaan untuk memastikan kebenaran informasi yang sudah disediakan untuk mengajukan visa Taiwan.

Setelah mengisi semua bagian dengan benar, silahkan mengklik ‘Submit’ dan memilih ‘Agree’ di halaman Acknowledgement. Setelah itu unduh formulir yang sudah dilengkapi ini, dan print out. Simpan dan gabungkan formulir ini dengan persyaratan dokumen lain yang dibutuhkan untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Pergi ke Taipei Economic and Trade Office (TETO) untuk pengajuan visa Taiwan

Setelah kelengkapan dokumen dan mengisi formulir, silahkan bawa data ke kantor Taipei Economic and Trade Office di Gedung Artha Graha Lantai 12, SCBD Area, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 52-53 Jakarta 12190 Telepon : (62-21) 515 3939.

Karena Taiwan tidak memiliki kedutaan perwakilan di Indonesia, maka proses pengajuan visa Taiwan diwakilkan di Kantor Dagang Taiwan (TETO) ini. Saat mengajukan dokumen ada baiknya kamu siapkan dulu dalam satu map, karena petugas loket akan menolak jika kamu memberikan berkas dokumen tanpa map.

Jangan sampai salah loket yah, karena untuk pengajuan visa jenis masing-masing punya loket khusus tersendiri. Saat kamu sampai di gedung Artha Graha ini kamu perlu menukarkan kartu identitas dengan kartu magnet untuk bisa keluar masuk area gedung ini, jadi jangan sampai lupa membawa kartu identitas asli. Setelah masuk kamu akan di arahkan untuk naik lift nomor 6 yang khusus berhenti di lantai 12. Tinggal ikuti saja petunjuknya, karena di dalam lift ada petugas khusus yang membantu menekan tombol.

Pelayanan untuk pengajuan visa Taiwan dilakukan pada Senin - Jumat, mulai pukul 08.30 hingga 11.30 WIB. Kamu bisa langsung mendatangi loket umum untuk menyerahkan semua berkas yang telah disiapkan sebelum diarahkan ke loket pembayaran. Tentunya ambil nomor antrian terlebih dahulu di depan pintu masuk kantor Teto. Setelah proses pemeriksaan dokumen selesai, kamu diminta untuk melakukan pembayaran di loket khusu pembayaran. Setelah membayar kamu akan dapat slip bukti tanda pembayaran, lalu perlu kamu tukarkan kembali di loket umum penyerahan dokumen tersebut. Nanti petugas loket umum akan memberikan kamu kartu tanda bukti untuk pengambilan visa, berikut hari kapan kamu bisa ambil visa tersebut.

Pengambilan Visa

Pengambilan dokumen visa ini perlu kamu perhatikan waktunya, supaya gak sia-sia datang lalu harus menunggu lama. Untuk pengajuan dilakukan pagi hari, namun untuk ambil visa dimulai dari jam 13:30-16:00. Jangan sampai salah ya guys!.

Setelah visa kamu dapatkan, tinggal lakukan perjalanan kamu untuk liburan ke Taiwan, dan nikmati keindahan Taiwan.

Baca juga: Lokasi yang wajib di kunjungi saat ke Tainan

White Horse

Postingan Terbaru

Follow SUNTEA MELODY

  • Facebook Fans Page
  • Twitter

Contact

wa : +886 905 316 836

Follow WALK HOLIDAY YARN

  • Facebook Fans Page

others

Taipei, Taiwan

This website and its content is copyright of © Suntea Melody Tarot & Astrology, 2020