• White Horse

Taiwan Bobba Susu Teh, Siapa Penemu Teh Bobba Sih? 台灣珍珠奶茶誰發明的?

Updated: Jul 5

Pasti deh udah pada tahu kalau di Taiwan minuman yang terkenal ciri khas Taiwan itu adalah Bobba Teh Susu (珍珠奶茶 zhēn zhū nǎi chá). Jadi kalau belum minum bobba teh susu ini sama aja belum main ke Taiwan.


Sebenarnya ada dua tempat yang mengklaim bahwa mereka-lah penemu pertama bobba teh susu ini. Toko yang pertama adalah 春水堂 (chún shuǐ táng) Taichung. 劉漢介(liú hàn jiè) pemilik toko minuman 春水堂 (chún shuǐ táng) mendirikan toko minuman pertama kali di Taichung pada tahun 1983 di Taichung-Siwei Street. Pada tahun 1987 pemilik toko ini beserta karyawannya 林秀慧(lín xiò huì) mencampurkan black tapioca pearl kedalam susu teh minuman mereka dan hasilnya menemukan Bobba Teh Susu.


Sedangkan toko kedua yang mengklaim bahwa merekalah penemu pertama bobba teh susu ini adalah 翰林茶館 (hàn lín chá guǎn) dari Tainan. Pemilik toko minuman 翰林茶館 (hàn lín chá guǎn) Tainan mengatakan pada tahun 1986, saat melihat orang menjual black tapioca pearl ini di pasar, dia mencoba mencampurkannya kedalam susu teh, dan memberi nama 珍珠 atau mutiara karena sisa butiran butiran dari hasil black tapioca yang di masak sebelumnya persis seperti mutiara.


Kedua toko minuman ini sudah hampir 10 tahun saling menuntut hak paten sebagai penemu pertama bobba teh susu, namun di tahun 2019 tepatnya di bulan Juli, pengadilan memutuskan tidak ada yang menang atau kalah dalam kasus ini. Pihak pengadilan menyatakan bahwa teh susu ini merupakan minuman bebas, dan bukan sesuatu yang harus di paten-kan, sehingga tidak perlu untuk saling bertarung menuntut menjadi siapa penemu pertama bobba teh susu ini.


Walaupun pengadilan memutuskan bahwa jenis minuman ini bebas paten, sehingga tidak ada yang menang atau kalah dalam proses penuntutan, namun masyarakat Taiwan bahkan dunia sepertinya lebih mengenal 春水堂 (chún shuǐ táng) sebagai penemu pertama bobba susu teh ini.


Tapi menurut Why Team sih boleh dicoba aja keduanya. Kedua toko ini memiliki banyak cabang hampir seluruh Taiwan, tapi kalau kamu pas mampir di Tainan ataupun Taichung bolehlah mampir sejenak kepusat awal pertama toko ini didirikan sambil nikmatin tempat yang punya kisah ini.


Why Team ada mampir di salah satu cabang toko 春水堂 (chún shuǐ táng) di daerah Banqiao. Disini ada batas minimun pemesanan untuk satu orang, yaitu satu gelas minuman. Jenis minuman yang di tawarkan cukup banyak, ada teh bobba, ada jus-jus dan makanan kecil. Awalnya Why Team mau makan ditempat, tapi karena ramenya dan perlu nunggu, akhirnya kita putuskan untuk take away aja.


Bobba yang kita pesan adalah jenis bobba yang ukurannya lebih kecil mungil dan berwarna coklat transparant. Satu gelas Medium ini harganya 185 NTD.


Toko 春水堂 (chún shuǐ táng) ini sudah hampir berusia 30 tahun, jadi kalau kebetulan mampir ke Taichung bisa sekalian foto foto sebagai kenangan.


Sedangkan 翰林茶館 (hàn lín chá guǎn) Tainan toko pertamanya dijadikan sebagai kantor pusat untuk mengurus hampir 50 cabang yang tersebar baik dalam maupun luar negri. Dibawah Why Team ada ngasih alamat toko pertama kali milik mereka, sedangkan kalau kamu hanya mau coba minuman Bobba Teh Susu mereka cukup mampir ke cabang cabang terdekat dimana kamu berada.


Note Kecil WH:

春水堂 四維店 | Chun Shui Tang Original Store

Alamat : No. 30, Siwei Street, West District, Taichung City, 403

Telepon : 04-2229-7991

Jam Buka : Senin-Minggu, 0800-2300

Transportasi: Klik peta dibawah ini informasi lokasi, dimulai dari Taichung stasiun kereta api

Peta FB


翰林茶館西門店 | Han Lin Tea Room

Alamat : 700, Tainan City, West Central District, Section 1, Ximen Rd, 658號6F

Telepon : 06 303 1032

Jam Buka : Senin-Minggu, 1100-2200

Transportasi: Klik peta dibawah ini informasi lokasi, dimulai dari Tainan stasiun kereta api

PetaFB

Postingan Terbaru

Follow SUNTEA MELODY

  • Facebook Fans Page
  • Twitter

Contact

wa : +886 905 316 836

Follow WALK HOLIDAY YARN

  • Facebook Fans Page

others

Taipei, Taiwan

This website and its content is copyright of © Suntea Melody Tarot & Astrology, 2020